Filosofi Ritme Olahraga Lari


Running cadence atau dikenal juga dengan ritme olahraga lari sebetulnya tidak langsung berhubungan dengan kecepatan

Namun banyak praktisi olahraga lari khususnya pelari jarak jauh sangat FOKUS dengan running cadence, karena banyak temuan yang mengindikasikan bila teknik gerakan lari atau running form yang benar dan efisien dapat diukur dari running cadence seorang pelari.


Running cadence adalah frekuensi langkah kaki selama 1 menit

Menurut hasil analisis para ahli, nilai cadence ideal adalah minimal 180 langkah per menit (2 kaki) atau 90 langkah per menit (bila dihitung dari salah satu kaki, kanan atau kiri). Untuk menghitung cadence olahraga lari memang agak sulit tanpa bantuan teman yang bertindak sebagai observator, namun ada metode khusus yang bisa digunakan agar kita bisa mengukur running cadence kita sendiri, yaitu dengan cara menghitung langkah salah satu kaki kita dalam 15 detik dan mengalikannya dengan 4. Contoh dalam 15 detik jumlah langkah kaki kanan kita adalah 22, lalu dikalikan 4 maka hasilnya adalah 88 langkah per menit.



Menurut survey rata-rata pelari pemula memiliki nilai cadence di bawah 90 langkah per menit dan banyak diantaranya yang memiliki teknik gerakan lari / running form yang belum tepat, seperti mendarat dengan tumit (Heel Striking), pendaratan kaki yang letaknya jauh dari pinggang (over stride).. Jadiii!! PR nya adalah memperbaiki running form kita. Selain itu, menurut hasil riset beberapa ahli biomekanika dengan meningkatkan nilai dari running cadence kita sebesar 10% akan sangat membantu mengurangi beban/tekanan pada tubuh selain meminimalisir peluang cedera pada lutut, pinggang, tulang belakang, otot achilles, dan tumit. *runtastis.com



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *