Good Feeling or Run Feeling Olahraga Lari


Good Feeling or Run Feeling Olahraga Lari

Bagaimana sih cara tubuh merespon terhadap aktivitas olahraga lari??. Menurut pakar olahraga lari jarak jauh Sage Canaday, meskipun lari secara sekilas terlihat sederhana, di sisi lain lari memiliki kompleksitas tertentu dari sudut pandang BioMekanika. Ketika kita berlari ada 3 sistem yang saling terhubung untuk menunjang aktivitas lari.

Yang pertama adalah sistem kerja jantung dan paru-paru, yang kedua sistem kerja otot dan tulang, dan yang terakhir adalah mental atau psikologis.

Sebagai olahraga kardiovaskular, kapasitas paru-paru dalam menyerap oksigen ketika tubuh sedang bekerja pada kondisi yang cukup intens atau lebih dikenal dengan kapasitas VO2Max menjadi pintu awal dalam menyuplai oksigen sebagai bahan bakar otot untuk berkontraksi pada saat fase aerob.

runtastis trek trail 2runtastis trek trail 1runtastis trek trail 3

Selain itu sistem kerja otot akan sangat dipengaruhi oleh sikap tubuh dan teknik gaya berlari yang nyaman dan efisien, beberapa pakar seperti penggagas Chi Running Danny Dreyer atau trainer lari ternama Eric Orton sangat menyarankan teknik barefoot running atau natural running form dimana teknik ini menekankan pada cara pendaratan forefoot strike yang memiliki efek peredaman yang lebih baik dibandingkan pendaratan dengan tumit. Dan terakhir faktor psikologis yang memegang peranan sangat penting terlebih pada olahraga/lomba lari jarak jauh dengan lintasan trail yang lebih menantang, biasanya para praktisi olahraga lari jarak jauh menyarankan sikap tubuh bagian atas yang tegak selain untuk lebih memudahkan kita untuk mengambil oksigen dari sisi mental sikap tegak akan membuat kita lebih tangguh .

Dari ketiga sistem tersebut, sistem kerja otot dinilai para pakar sebagai sistem yang paling sensitif terhadap perubahan, seperti perubahan pada jarak lari, kecepatan lari, kondisi lintasan: tanjakan, turunan, jalanan berbatu, licin dll.. Kesimpulan nya…. ayo kita mulai mencoba-coba trek lari yang lebih menantang dan lebih variatif.. seperti Trail Running.. Selamat Mencoba!!! *runtastis.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *