Review Jam Tangan Garmin ForeRunner 220 bagian 2


Review Jam Tangan Garmin ForeRunner 220

Seperti sportwatch lainnya fitur utama jam ini adalah GPS tracking, jam ini sudah memiliki fitur preloaded satellite position, jam ini akan secara otomatis download posisi satellite GPS untuk satu minggu ke depan ketika terkoneksi ke internet, yang artinya jam ini akan lebih cepat mencari posisi GPS sehingga locking Satellite akan lebih cepat daripada sportwatch lain yang tidak memiliki fitur ini. Setelah saya coba rata-rata graphic signal GPS penuh setelah 10-20 detik keluar ruangan atau lebih cepat, tapi kadang-kadang ketika cuaca mendung kita harus menunggu  sampai lima menit untuk mendapatkan sinya GPS penuh.


Tracking GPS  cukup akurat, walaupun ada beberapa kali sesi trail run di daerah hutan dan pegunungan hasil tracking yang didapatkan ngaco. Setelah start kita dapat men-setting display by default adalah elapsed time, instant pace dan jarak, tetapi kita bisa merubahnya sesuai keinginan. Ketika lari kita bisa merubah display menjadi 3 mode, display pertama menunjukan mode “full mode” artinya menunjukan keseluruhan data lari yang kita tempuh, display kedua menunjukan data lari lap yang sedang kita tempuh dan display ketiga menujukan bacaan dari heart rate monitor.

Heart Rate Monitor, awalnya saya kesal dengan DMI sebagai distributor Garmin Indonesia tidak mengeluarkan versi Garmin Forerunner 220 tanpa bundle HRM karena harganya jadi lumayan mahal, karena emang sudah niat ingin ganti sportwatch ya akhirnya dibeli juga, dan lumayan juga sih fiturnya. HRM seperti namanya berfungsi untuk membaca detang jantung ketika sedang beraktifitas. Dengan HRM kita mampu untuk mengukur kemampuan kita, menjaga agar latihan yang kita lakukan agar masih sesuai dengan kemampuan tubuh, dan apabila anda memang merupakan data freak dengan adanya HRM kalkulasi jumlah kalori yang dikeluarkan tubuh ketika latihan akan menjadi lebih akurat.

runtastis on hand garmin 2

Fitur plus dari Garmin ForeRunner 220 ini adalah virtual coach..

Kita dapat download metoda latihan dari garmin connect, sync ke jam dan kita tinggal mengikuti petunjuk dan alert di jam sesuai dengan metoda latihan yang kita download, saya sendiri tidak pernah memakai fitur ini.

Display Garmin Forerunner 220 adalah LCD color, agak sedikit diluar ekspektasi sih sebenarnya, jangan bayangkan layar handphone yang full color, jam hanya dapat menampilkan warna-warna dasar saja, kita dapat mengubah theme sesuai warna yang kita inginkan tapi menurut saya pas-pas an banget, sebenernya malah saya piker jam ini dibuat monochrome saja. Tidak seperti saudaranya Garmin Forerunner 620 display dari jam ini bukan touch screen, kita dapat mengontrol jam ini dari side button seperti pada jam-jam digital kebanyakan. Tidak ada fitur-fitur mewah seperti altimeter, barometer, thermometer dan mapping seperti pada sportwatch mewah, altitude dan track hanya dapat kita ketahui ketika data sudah tersync ke Garmin Connect. bersambung .. *runtastis.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *