Review Running Belt : SPI Belt


Kita review dulu running gear olahraga lari bernama “SPI Belt”..

Kesan pertama ketika akan membeli Running Gear SPI Belt adalah ukurannya yang begitu kecil, yaitu sekitar 2-3 cm X 15 cm-an, pada posisi kosong (tanpa muatan). Namun istimewanya material bahan kantongnya mampu menampung handphone dengan dimensi se-ukuran Galaxy Note. Wow!! begitu elastis ya, meski bahan nya sangat strecthy, bahan material kantongnya terbilang cukup kuat, saya sempat khawatir dari segi kekuatannya, khususnya ketika saya memasukan item-item yang memiliki ujung yang runcing seperti kunci..

Bayangkan ketika material dalam keadaan meregang dan pada saat itu pula permukaan yang meregang itu akan bersentuhan langsung dengan ujung kunci yang runcing, tentunya akan menjadi lampu kuning tersendiri. Namun kekhawatiran itu sirna, karena setelah beberapa kali dimuati oleh kunci, permukaan bahan dari kantongnya sama sekali tidak terlihat jejak cacat akibat benda tajam, bak Wolverine yang kembali utuh setelah ditusuk Trisula ๐Ÿ˜€

runtastis Spibelt 1Nilai plus ketika kita memasukan beberapa mata kunci pada kantong yang elastis ini adalah kunci-kunci tersebut akan lebih โ€œdiamโ€ karena material elastis tersebut akan menyelimuti dan mengikuti bentuk kunci sehingga antar mata kunci tidak akan terlalu beradu. Alhasil efek bunyi gemerincing kunci akibat getaran selama kita berlari tidak akan membuat kita risih. Tapi biasanya, karena kebiasaan lama dan kadung membeli kantung kecil Adidas yang bisa disisipkan pada sepatu dengan ukuran kira-kira 3 x 4 cm, saya biasanya memasukan kunci-kunci ke dalam kantung kecil tersebut, selain lebih aman terhadap permukaan material kantong dan permukaan touch screen Handphone, kunci-kunci tersebut tidak akan tercecer terlebih untuk mengurangi resiko kunci tersebut terjatuh ketika kita mengeluarkan handphone, mengingat semua item akses nya dalam satu resleting.

Karena kantong running belt ini elastis, tak jarang kita kebablasan dan tidak memperhitungkan kapasitas beban ideal agar efek โ€œbouncyโ€ atau guncangan masih dapat ditolerir, karena biasanya bila efek โ€œbouncyโ€ nya dirasa terlalu keras, hal pertama yang dilakukan adalah menambah kekencangan pada tali belt, meskipun tali belt ini bersifat elastis. Namun pada kondisi tali belt yang extra kencang, ini akan mulai mengganggu kenyamanan pada area sekitar pinggang dan perut, terlebih apabila kita menggunakan teknik pernapasan perut, yang mana konon teknik pernapasan perut adalah teknik pernapasan yang paling baik digunakan pada saat berlari. Memang efek โ€œbouncyโ€™ akan dirasakan berbeda-beda pada setiap orang karena faktor ukuran perut dan pinggang. Berdasarkan pengalaman saya dengan komposisi satu handphone seukuran Lumia 720, kunci dan beberapa kartu, SPI Belt masih nyaman digunakan.

SPI Belt terisi handphone dan atm ๐Ÿ˜€

runtastis Spibelt 2Untuk mengakali efek goyangan atau bouncy ini sebetulnya ada alternatif lokasi pemasangan SPI Belt yaitu dengan disilangkan ke bahu seperti tas slempang, kantong dapat diletakan pada bagian di belakang (punggung) atau di depan di area antara dada dan perut agar lebih mudah mengakses item yang kita bawa.

Material kantong dari SPI Belt ini selain bersifat elastis juga bersifat permiabel atau dapat meloloskan air, otomatis item-item yang ada di dalam akan basah terkena keringat, ada baiknya untuk beberapa item yang dirasa harus dijauhkan dari air sebaiknya dibungkus dulu dengan plastik, seperti tiket parkir, uang kertas dll. Mungkin karena material ini sangat elastis maka struktur bahan nya menuntut banyak pori untuk dapat meregang secara maksimal yang akhirnya menyebabkan bahan elastis ini tidak bersifat anti air (water resist).

runtastis Spibelt 3Kesimpulannya running belt ini cocok digunakan untuk aktivitas casual running yang memang tidak perlu membawa item-item yang terlalu banyak. Misal untuk nutrition dll, dengan komposisi dan berat beban yang tidak terlalu berat SPI Belt masih nyaman, apalagi talinya bersifat elastis sehingga masih terasa nyaman di pinggang ketika tali dikencangkan. Ketika akan mengeluarkan handphone harus sedikit hati-hati karena posisi jalur resleting berada di tengah kantung dimana idealnya posisi jalur resleting berada di atas hal ini biasanya memungkinkan resiko ada barang yang terjatuh ketika mengeluarkan atau memasukan handphone, mengingat handphone memiliki dimensi yang paling besar diantara item-item yang lain di dalam kantong. Dulu saya pernah mengalami nya juga J kartu ATM terjatuh dan baru ngeh ketika sudah ada di rumah. Kalau dari sisi harga, SPI Belt untuk olahraga lari cukup ditebus dengan mahar Rp 240ribu ๐Ÿ™‚ .. #yukkitalari *)runtastis.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *