Review Sepatu Olahraga Lari : Merrell AllOut Rush


Sepatu Olahraga Lari Merrell All Out Rush – Trail Running Shoe..

Brand Merrell bisa dikatakan sebagai salah satu brand perwakilan dari negeri paman Sam untuk kategori sepatu olahraga outdoor (hiking, running). Citarasa dari desain, teknologi sepatu pun sedikit banyak akan terasa “Amerika banget!!”. Seperti halnya pada brand Salomon  yang mempunyai ciri khas tersendiri sebagai perwakilan brand dari Eropa.


runtastis merrel samping dalamYang paling sangat saya sukai dari desain sepatu Merrell adalah pada desain bagian forefoot-nya yang lebar, sehingga tidak perlu menambahkan satu nomor agar jemari kaki dapat leluasa “meregang”. Hampir semua sepatu lari Merrell memiliki forefoot yang lebar dan otomatis hal ini menjadi ciri khas atau “basic signature design” dari Merrell. Namun konon yang banyak menjadi catatan untuk Merrell adalah pada isu pemilihan material untuk upper mesh yang sering kali diklaim kurang “durable” tetapi pada beberapa model teranyarnya Merrell sangat concern pada isu ini. Biasanya sepatu-sepatu seperti Merrell, Salomon memiliki paten sendiri-sendiri pada bagian outer solenya, dimana desain dan material outer sole merupakan hal yang sangat krusial untuk kategori sepatu lari outdoor (trail running shoe). Merrell menyebut teknologi outer sole nya dengan istilah SELECT GRIP yang biasanya memiliki ciri-ciri pada bentuk lug nya yang membulat, sedangkan Salomon mengusung istilah CONTRA GRIP untuk outer solenya dengan bentuk lug seperti mata panah.

 runtastis merrer outsoleSejauh pengalaman saya dengan kedua brand ini, outer sole nya bisa dibilang sangat awet, tingkat keausannya di bawah rata-rata sepatu outdoor kebanyakan. Yang istimewa dari Merrell adalah model-model sepatu larinya didominasi oleh sepatu lari model barefoot, baik untuk jenis sepatu road dengan judul lini produk M-Connect atau trail. Nah bisa dibilang Merrell mengedukasi 2 kali lebih baik dibanding brand lain, alasannya adalah brand lain kebanyakan hanya menekankan pada selisih tinggi heel-to-toe yang minimal untuk memaksa pendaratan kaki menggunakan bagian bola kaki (forefoot), sedangkan Merrell menambahkannya dengan desain sepatu barefoot yang minim bantalan (cushioning) sehingga mampu melatih otot-otot kaki agar lebih lentur dan kuat.


Setelah sekian lama konsisten dengan sepatu bergenre barefoot, rasa-rasanya setidaknya ada rasa penasaran dari para penggemar setia Merrell yang membayangkan bagaimana jadinya bila Merrell mengeluarkan sepatu yang memiliki bantalan (cushioning), namun masih memiliki rasa barefoot khas Merrell. Dari ekspektasi kepenasaran itu Merrell meluncurkan seri M-Connect All Out Fuse dan All Out Rush, dimana keduanya memiliki bantalan extra pada midsole nya, selain itu Merrell mengaplikasikan semacam gel spot pada bagian bola kaki dan tumit, mungkin penempatan gel inilah yang membuat sense / feel pendaratan kaki terasa responsif namun di sisi lain masih dapat memberikan efek “empuk”.

 runtastis merrel samping luarApa sih yang membedakan seri All out Fuse dan All out Rush?. Selain desain dan material upper sebetulnya yang paling mendasari perbedaan nya adalah pada ketinggian lug dan ukuran diameter lug pada outer solenya, pada Allout fuse tinggi lug-nya lebih pendek sedangkan diameternya lebih kecil dan banyak, sementara Allout Rush memiliki tinggi lug yang hampir 8 mm dengan diameter lug sekitar 1 cm. Dari sini dapat disimpulkan bahwa peruntukan untuk Allout Fuse lebih dispesifikan untuk medan trail yang tidak terlalu teknis, sedangkan Merrell Allout Rush didesain untuk medan trail yang berat (lelumpuran, bebatuan, dll).

Khusus untuk allout Rush banyak yang memberikan testimoni bahwa pada Allout Rush sensasi pendaratan nya terlaku kaku dan keras, namun menurut saya pribadi hal itu hanya dirasakan pada awal-awal ketika menggunakan sepatu ini, setelah pemakaian ke-4 dan ke-5, sepertinya kaki sudah mulai beradaptasi. Terlebih secara frekuensi dalam seminggu, saya hanya satu hari menyempatkan diri untuk berlari trail, sedangkan selebihnya dihabiskan di treadmill dan jalanan aspal dimana menggunakan sepatu yang memiliki bantalan yg cukup ekstra seperti New Balance seri 1080.


runtastis merrel atasSelain itu untuk area material upper mesh menurut saya, sepatu olahraga lari Merrell Allout Rush memiliki material yang paling durable diantara sepatu trail yag ada di pasaran termasuk saudaranya Allout Fuse. Outer lining rubber pad pada area toe box seakan memberikan rasa tentram untuk menerjang bebatuan atau akar yang berujung runcing. Inovasi lainnya terdapat pada sistem tali nya yang telah disematkan teknologi Omni Fit, alhasil fit dari sepatu ini hampir mirip dengan pendahulunya yaitu Merrell Trail Glove yang mampu mengunci bagian lengkung (arc) kaki. Teknologi dari tali sepatu ini sepertinya menawarkan suatu pendekatan yang berbeda dibanding para pesaingnya yang banyak mengaplikasikan teknologi semacam model tali Locklaces atau Speedlaces seperti pada Salomon yang menamakannya dengan istilah Quicklaces. Menurut saya dari sisi kepraktisan model tali sepatu Locklaces lebih unggul, NAMUN dari sisi penguncian bagian lengkung dan punggung kaki entah kenapa rasa-rasanya model tali Omni Fit dari Merrell ini terasa lebih mantab.. *)runtastis.com



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *