Review Sepatu Olahraga Lari Merrell Bare Access 3 bagian 1


Review Sepatu Olahraga Lari Merrell Bare Access 3

LINI PRODUK:


Meskipun Merrell lebih banyak berfokus pada pengembangan teknologi sepatu outdoor dengan peruntukan hiking dan bisa dibilang baru dalam beberapa tahun terakhir ini masuk ke peruntukan lari outdoor atau trail running, Merrell juga mulai banyak mengeluarkan sepatu lari yang diperuntukan untuk jalan perkotaan, tentu saja dengan tetap mempertahankan DNA sebagai sepatu yang memiliki durabilitas layaknya sepatu outdoor. Bila kita inventarisasi untuk seri-seri sepatu road keluaran Merrell bisa dibilang masih sedikit, rata-rata pada tiap serinya baru sampai pada generasi ke-3 atau ke-4. Nah, menurut saya Merrell mulai memproduksi sepatu lari tipe road dengan mengambil momentum tren lari sepatu minimalis yang mengakomodir gaya berlari natural, karena bila kita perhatikan untuk seri-seri sepatu lari minimallis pada brand-brand lain yang lebih senior bermain di sepatu road memang rata-rata memiliki seri 3 sampai seri 4.

Contohnya seri Pure Project dari Brooks yang sudah mencapai generasi ke-4 atau Saucony Kinvara dengan generasi ke-5 nya. Sehingga dari sini kita bisa sedikit simpulkan kalo sepatu tipe road Merrell harusnya agak-agak spesial bila dibandingkan dengan brand-brand lain yang memang telah lebih lama berkecimpung dalam dunia per-sepatu larian road :). Faktanya adalah DNA durabilitas sepatu outdoor ditularkan pada material outer sole yang rata-rata mengaplikasikan bahan karet produski dari Vibram. Dan satu yang tak ketinggalan adalah toe protector yang menjadi ciri khas sepatu outdoor yang kali ini menjadi cira khas sepatu tipe road dari Merrell.

Dari kebanyakan seri sepatu tipe road dari Merrell, bisa dibilang hampir semuanya memiliki selisih heel-to-toe offset sebesar 0 mm alias barefoot, menurut saya disinilah letak keunggulan dari Merrell dimana pada brand-brand lain agak jarang ditemukan sepatu lari tipe road dengan heel-to-toe offset sebesar 0 mm, adapun 0 mm yang diklaim oleh Saucony Virrata, nyatanya masih memiliki offset sebesar 2 mm atau Brooks Pure Drift yang masih harus diakalin dengan mencabut bagian insole nya. Berbeda dengan Saucony dan Brooks, New Balance untuk urusan sepatu ber-offset 0 mm memiliki model sepatu yang cukup mumpuni menurut saya, yaitu seri New Balance Minimus Zero. Sabarrrr nanti saya akan review juga sepatu New Balance Minimus Zero ini, sembari saya tambah km-age dari sepatu New Balance Minimus Zero ini biar lebih mantab reviewnya. Ok kita kembali ke tokoh utama nya yaitu Merrell Bare Access 3..

merrell bare access3 runtastis 1

Merrell Bare Access 3 diposisikan sebagai sepatu tipe road dengan perawakan barefoot yang cenderung lebih ramah bila dibandingkan dengan Merrell Road Glove yang merupakan versi “plek” dari Merrell Trail Glove. Merrell Bare Access 3 ini bisa juga diposisikan sebagai sepatu transisi sebelum kita mencoba sepatu yang benar-benar barefoot (offset 0 mm & no cushioning), biasanya sepatu transisi memiliki offset 4 – 6 mm, nah disinilah letak keunggulan Bare Access 3 menurut saya dimana variabel yang akan kita latih ke depannya lebih kepada membiasakan kaki kita dengan sepatu yang memiliki bantalan yang lebih minimalis.. singkatnya mengurangi pekerjaan rumah hehehe. Menurut saya pribadi penyesuaian kaki dengan offset 0 mm lebih menyita banyak adaptasi, mulai dari membiasakan otot calf atau achilles pegel-pegel bahkan sampai inflamasi yang lebih lanjut dimana memakan waktu recovery yang lumayan lama. Kesimpulannya sepatu transisi dengan offset 0 mm cenderung lebih melatih kesiapan otot-otot kaki kita bila dibandingkan dengan sepatu beroffset 4 – 6 mm. Dengan bantalan yang “masih ada” Bare Access 3 masih enak untuk diajak berlari sampai jarak di atas 15 -20 km-an, di atas itu otot calf dan achilles mulai menjerit hehehe.

…………

ANATOMI:

Sepatu keluaran Merrell memang sangat khas dengan keminimalisan nya, dan paling terasa pada bagian tumit yang biasanya memiliki tinggi heel-cup yang rendah tidak menggunakan bantalan busa collar di dalam nya. Bagi anda yang memiliki model telapak kaki yang lebar namun memiliki tumit yang kecil, Merrell merupakan jawaban nya, model telapak kaki seperti ini banyak diibaratkan orang-orang sebagai kaki Cinderella karena memang populasinya agak-agak langka hehehehe..

merrell bare access3 runtastis 2

Untuk Sepatu Olahraga Lari Merrell Bare Access 3 sendiri meskipun memiliki tinggi sol yang lumayan moderat di 8 mm ditambah mengaplikasikan hard rubber di hampir seluruh permukaan solnya tetap memiliki bobot yang ringan atau sekitar dibawah 8 ounces, hal ini merupakan kontribusi dari pemilihan upper material yang ringan namun tetap durable selain material foam dari mid solenya yang cukup ringan.

merrell bare access3 runtastis 3

OPENING

Sepatu minimalis atau barefoot yang “masih” memiliki bantalan adalah deskripsi singkat dari Merrell Bare Access 3, biasanya sepatu-sepatu yang mengusung gaya berlari natural memiliki sol yang sangat fleksibel namun pada sepatu ini fleksibilitas dari sepatu sepertinya dibatasi dengan harapan dapat menambah responsivitas, mungkin ini sebuah kompensasi dari sepatu barefoot yang “masih” memiliki bantalan. Dimana dengan adanya bantalan (cushioning) otomatis ground feeling atau sencitivitas pendaratan akan berkurang.. Tetapi dengan sol yang tidak terlalu fleksibel atau cenderung rigid, sense pendaratan dapat dikamuflasekan dengan pace yang memiliki tempo tinggi.. Jeniusss untuk yang satu ini. runtastis.com. bersambung


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *