Review Sepatu Olahraga Lari New Balance 1080V3


Sepatu Olahraga Lari New Balance 1080V3…

Sepatu konvesional !!! Saat ini sepatu konvensional memang agak dipandang sebelah mata, model-model sepatu yang mengklaim bisa memperbaiki running form lagi laku-lakunya di pasaran seperti model-model New Balance Minimus, Merrell Barefoot, Brooks Pure Series, dll. Dan celakanya sepatu-sepatu minimal ini pada beberapa tipenya telah menambahkan extra cushion sehingga dapat digunakan untuk lari dengan jarak yang lebih jauh. SO!! Masih mau menggunakan sepatu konvensional??


Mungkin untuk beberapa pelari yang sering kambuh Achilles Tendinitis nya akan tetap memilih sepatu konvensional yang rata-rata memiliki tinggi heel-to-toe offset yang di atas 8 mm. Namun belakangan sepatu konvensional juga dihantam oleh model sepatu yang menitikberatkan pada fleksibilitas sol pada area forefoot seperti Nike seri Free atau Reebok Realflex. Wait..wait.. sudah lama saya tidak menulis kata-kata Reebok dalam review-review saya 😀 . Back to masa lalu, sepatu lari Reebok memiliki teknologi yang fenomenal seperti DMX dan banyak diaplikasikan pada sepatu basket dll. Namun akhir-akhir ini malah sebaliknya saya mendapati teknologi sol Zig Zag yang awalnya diaplikasikan di sepatu basket sekarang diadaptasi ke sepatu lari.

Alhasil kita akan berlari bak Michael Jordan hehehehe…

Namun saat ini saran saya kita sebaiknya tidak terlalu elergi dengan sepatu lari Reebok karena ada model Real Flex yang solnya sangat fleksibel (cukup mumpuni menurut saya).. Ok back to flexibility shoes. Ke-fleksibelan ini diklaim mendukung gaya berlari natural meski tidak se-ekstrim sepatu-sepatu minimal. OMG!! Jadi apakah sepatu konvensional ini akan segera punah??? Hmmm menurut saya keunggulan dari model-model sepatu minimal dan fleksibel adalah pada beratnya yang lebih ringan, ingat peribahasa Light means fast.

Nahhhhh ini adalah kalimat pembuka yang pas untuk review sepatu kita saat ini. Setiap melihat bentuk sepatu konvensional yang besar dengan sol yang begitu tebal seperti sepatu model cushioning atau stability, langsung otak kanan menJUDGE sepatu ini akan alangkah luar biasanya berat disamping bentuknya yang seperti sepatu ROBOT. TAPIII apa yang akan terjadi apabila ada sepatu yang memiliki level cushioning yang maksimal diselingi dengan fitur stability NAMUN memiliki bobot yang sangat RINGAN. Tentu saja kita akan merespon dengan sanggahan: Emang ada???? Jawaban nya adalah IYES ADA 😀  nih sepatu yang akan kita review adalah bukti nyata nya.. hmm apa sih merknya kakak??

runtastis NB 1080 V3 3Merknya adalah jeng jeng jeng New Balance 1080 V3.. WOW KEREN SEKALI.. AYO KITA MARATHON..

Sepatu ini sangat nyaman di bagian forefoot (tentu saja cushioning shoes), dengan tinggi heel-to-toe offset yang 12 mm, para penderita Achilees Tendinitis tak perlu risau.. Eittsss tunggu dulu meski sepatu ini lebih dominan tergolong sebagai kategori cushioning shoes, untuk aspek stability nya sepatu ini telah dilengkapi oleh Absorbz ® Strobel Board, sehingga memungkin sepatu terasa lebih stabil namun dalam kadar yang tidak terlalu maksmimal tapi cukuplah. Karena kalo terlalu stabil kan bukan sepatu cushioning namanya.

runtastis NB 1080 V3 2Untuk material mesh nya sepatu ini sangat adem, udara bisa leluasa keluar masuk, bak menyewa kamar kosan yang posisinya memiliki jendela yang menghadap ke luar rumah. Sedangkan pada bagian sock liner nya bahan yang digunakan tentu saja kualitas premium, terasa sangat lembut dan nyaman seperti wewangian bedak bayi dan tak lupa material pada upper solenya menggunakan bahan yang rada-rada mirip suede. Akibatnya kaos kaki dan permukaan upper sole tidak akan terlalu bergesekan dengan hebat.. GOOD POINT untuk yang satu ini.

Outsole Sepatu Olahraga Lari New Balance 1080V3

NOW lets talk about the outsole!!! Sebetulnya tidak ada yang terlalu istimewa pada area ini, namun kredit harus diberikan pada bentuk lug yang coraknya seperti pod-pod desain ini penting untuk menambah traksi dan pendistribusian tekanan pada midsole disamping bisa dibilang material hard rubber pada outsole ini cukup awet meski tidak se-awet VIbram. Untuk bagian arc atau lengkung kaki tak ketinggalan sudah difasilitasi dengan teknologi fantom fit.

runtastis NB 1080 V3 1Kekecewaan terbesar pada sepatu ini adalah pada area toe box dimana modelnya sangat pipih (narrow) alhasil jemari kaki tidak leluasa bergerak. Untuk mengatasi issue ini saya sarankan pilihlah ukuran 2E!!! Agak sedikit membantu yaa, lumayan dibanding memaksakan ukuran normal (D) dan yang sedikit mengganggu adalah pada perpaduan warna yang mirip warna angkot atau bisa juga terlihat mirip warna serangga.. (kok ga ada perspektif yang bagus yaa). Jadi Sepatu olahraga lari new balance 1080v3 ini cukup oke untuk dimiliki *)runtastis.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *