Review Sepatu Olahraga Lari untuk Wanita : Brooks Ravenna 4 bagian 2


Review Sepatu Lari Wanita Brooks Ravenna 4…

Melanjutkan review sebelumnya yg belum kelar tentang si Ravenna 4, yang merupakan keluaran Brooks untuk para pelari wanita.

OPENING

Sepatu Brooks Ravenna 4 bila dilihat dari kaca mata seorang Einstein mungkin akan diwakili oleh persamaan seperti ini :

(STABILITY + CUSHIONING) x FLEXIBILITY = UENAKKKK

Kesan pertama dan kesan yang paling dominan dari sepatu ini adalah empuk banget CYINN.. Baik di bagian tumit dan bagian depan (bola kaki). DNA cushion memang sangat terkenal karena ke-empukannya, selain empuk karakter DNA cushion adalah energy return (efek bouncing) nya yang sangat responsif.

DNA cushion

Berdasarkan pengalaman saya pada beberapa model sepatu Brooks, terlepas apapun jenisnya, apakah sebagai sepatu untuk orang yang memiliki telapak lebar atau normal (neutral), biasanya sepatu Brooks dan ternyata memang sepatu lari Brooks terkenal memiliki arc support yang cenderung agak tinggi, meski pada sepatu-sepatu untuk kategory stability. Alhasil sepatu Brooks Ravenna 4 ini terbilang sangat nyaman untuk kaki yang cenderung masih normal namun mengidamkan support untuk stabilitas.

runtastis brooks ravenna 4 arc 1arc 2

……………………………………………………………………………………………………….

SOL:

Konsep sol dari sepatu ini adalah INDEPENDENSI. APA??? Sebetulnya intisari dari konsep ini terletak pada desain sol yang memisahkan antara bagian MEDIAL (telapak kaki bagian dalam) dengan LATERAL (telapak kaki bagian luar). Dari foto telapak sepatu terlihat jalur pemisahan pada bagian tumit (heel split) dan bagian bola kaki (forefoot split).

runtastis brooks ravenna 4 telapak

Nah khusus untuk tumit pada bagian midsole untuk lateral dan medial nya ternyata menggunakan komposisi material karet yang berbeda lho. Namun agar tidak terjadi efek puntir yang biasanya dapat kita rasakan pada saat setelah pendaratan / heel off, dimana seakan sol sepatunya terasa agak bergeser karetnya ke kiri dan ke kanan, maka Brooks mengakalinya dengan konstruksi rugged plastic yang mampu mengurangi efek puntiran tersebut.

rugged plastic

 

Untuk bentuk tumit nya sendiri, sepatu lari Brooks Ravenna 4 mengusung model tumit yang cenderung persegi tidak seperti sepatu lari Brooks PureConnect yang menggunakan model yang membulat dan biasanya bentuk model tumit yang persegi apalagi ditambah dengan heel-drop yang diatas 8mm akan menyebabkan bagian tumit kaki akan mendarat lebih dulu dibanding dengan bagian bola kaki.

 

perbandingan tinggi

 

Yang paling istimewa dari sol sepatu ini adalah pada bagian telapak kaki depan (forefoot) ternyata luar biasa sangat fleksibel, hal ini dimungkinkan karena konstruksi midsole dan outer sole yang menggunakan struktur Flekstra, NAMUN meskipun sepatu ini sangat fleksibel, outer sol / blown rubber nya cukup rigid kok untuk menjadikan sepatu ini terasa responsive but cushy ride. Yang tidak kalah penting juga adalah kalo sol sepatu ini sangat durable.. AWET BRO!!! Terlihat dari tebal si blown rubber nya.. SADIS!!!

flextratinggi blown rubber

………………………………………………………………………………………………………….

UPPER MATERIAL:

Seperti layaknya sepatu-sepatu dengan model konvensional, dimana akan banyak sekali tempelan-tempelan overlay yang ditempelkan dengan cara dijahit, khususnya pada sepatu ini dimana dapat ditemukan overlay yang penuh jahitan pada area toe box, sehingga menyebabkan bagian upper sepatu ini terasa kaku, padahal sol nya udah fleksibel lho.. BAD POINT!!! SO kesimpulannya untuk bagian ini adalah sepatu ini tergolong No seamless construction, pantesan aja sepatu ini agak berat hehehehe.. Namun material dari sepatu ini cukup bahkan sangat breathable tidak ada perangkap bau kaki hehehehe, angin / udara leluasa keluar masuk.. GOOD…

Untuk mengunci bagian mid foot, sepatu lari Brooks Ravenna 4 ini sudah mengaplikasikan NAV BAND dan lebih teristimewanya lagi pada bagian ujung lidahnya telah dilengkapi fitur pengunci posisi lidah dimana lidah sepatu terkunci oleh lubang tali yang ditempelkan pada bagian ujung lidah sepatu. JENIUS!!!

nav band lacing bracket

Yang tak kalah pentingnya adalah bagian tumit, ini nih baru salah satu keuntungan model sepatu konvensional YAITU desain heel cupnya aman untuk mengunci bagian tumit hihihihi.. runtastis.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *