Running Pace Olahraga Lari


Sering kita dengar dan baca istilah Running Pace atau pace  olahraga lari.

Jujur saja ketika pertama kali mendengar istilah itu, yang terbayang adalah kata “phase” atau fase lari, maklum saja penulis masih sangat nubi untuk menebak kata dari bunyi  “pace” tersebut  dalam suatu obrolan tentang lari yang memang sangat terdengar mirip dengan bunyi “phase”..

Sekian lama terjebak dengan pengertian  kalo “pace” itu adalah “phase” dan selama itu pula penulis setiap mendengar teman yang sedang berdiskusi tentang lari semakin merasa yakin kalau kata “pace” yang dimaksud adalah “phase”.

Tabir mulai tersingkap ketika penulis mulai mau diajak teman-teman yang biasa olahraga lari di treadmill, di display treadmill kok tulisan nya “pace” ya.. bukan “phase” ..  Wah!! Berarti selama ini ternyata bukan “Phase”… dengan vocabulary inggris yang tidak luas.. istilah “pace” semakin membuat penasaran.. Hmm anehnya ketika penulis merubah speed running belt di treadmill, angka “pace” juga ikut berubah namun ketika merubah sudut inklinasi dari treadmill angka “pace” tidak berubah, saat itu nalar memyimpulkan ada apa-apa nya nih  antara kecepatan dan “pace”..

Melalui bantuan mbah google akhirnya penulis bisa menyingkap apa sih maksud “pace” dalam olahraga lari itu? Dan ternyata memang ada hubungannya dengan kecepatan, hubungannya pun dekattt sekali. Tercermin dari satuannya yaitu menit/km ATAU dengan kata lain “pace” adalah kebalikan dari kecepatan (ohhh sesimpel itu yaa 😀 )..

Penulis sempat bertanya-tanya kenapa patokan lari engga pake kecepatan ya? kok malah ”pace” patokan nya, hmm mungkin kenapa “pace” yang digunakan sebagai patokan adalah karena kita lebih mudah mengukur performansi olahraga lari kita dari jarak yang kita tempuh setelah itu barulah kita menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak itu.

Sehingga kita lebih mudah untuk mengukur produktivitas olahraga lari kita. Misal: “untuk sekali mengelilingi stadion GBK, kita membutuhkan waktu 10 menit”. Semenjak 1 keliling stadion GBK adalah 1 km, maka dengan mudah kita dapat langsung mengetahui “pace” lari kita yaitu 10 menit/km. Next, akan kita bahas lebih lanjut lagi tentang RUNNING PACE yaaa 🙂 . *runtastis.com


gambar :  http://www.precor.com/en-us/commercial/products/956i-treadmill


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *