Tipe Running Pace dalam Olahraga Lari


Kita termasuk tipe Running Pace yang mana?

Running pace memang sangat dipengaruhi oleh jarak tempuh, logikanya semakin jauh jarak tempuh maka running pace akan semakin lambat dan sebaliknya.Kira-kira selain jarak tempuh apa saja sih yang mempengaruhi dari pace olahraga lari?. Kondisi aerobic fitness seseorang juga merupakan faktor yang mempengaruhi dari running pace, namun menurut beberapa pakar hampir setiap orang dapat berlari dalam jarak yang tidak terlalu jauh dengan kecepatan yang cukup rendah dengan nyaman pada “Jogging pace”.   Berikutnya dikenal dengan istilah “Tempo pace”, tempo pace adalah dimana kita sedikit menambah effort untuk menambah kecepatan namun kita masih tetap merasa nyaman.


Running pace berikutnya yang lebih cepat adalah “Treshold pace”, pada fase ini kita tidak dituntut untuk tetap nyaman tapi kita dituntut untuk dapat mengatur napas kita dengan baik. Untuk pelari pemula pace ini dapat dilalui dalam 30 menit secara non-stop, sedangkan untuk pelari yang sudah lumayan jam terbangnya pace ini dapat dilalui dalam 1 jam non-stop.

Sedangkan running pace yang sedikit lebih ekstrim biasanya orang mengistilahkan nya dengan VO2 Max dimana kita berlari dalam kecepatan yang lebih tinggi dan kebanyakan dari kita mampu berlari dalam kecepatan seperti ini selama 6-10 menit secara non-stop dan terakhir tentu saja pace full sprint dimana kita berlari dengan kecepatan maksimal dan rata-rata biasanya mencapai sekitar 20 detik dan tentu saja dalam kondisi napas yang sangat terengah-engah. *runtastis.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *